Sabtu, 28 Desember 2013

Banser Turunkan Densus 99



MALANGPOST –  23 Desember 2013
Barisan Ansor Serbaguna (Banser) GP Ansor Kabupaten Malang, siap membantu tugas Polri dan TNI dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru 2014. Sedikitnya sekitar 500 anggota Banser diterjunkan untuk membantu pengamanan, mulai 23 Desember kemarin sampai 1 Januari 2014. Kepastian keterlibatan anggota Banser dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru itu, seperti yang disampaikan Komandan Banser Kabupetan Malang, Ali Murtadlo. Kepada Malang Post saat dikonfirmasi, mengatakan bahwa Banser siap ikut mengamankan wilayah Kabupaten Malang bersama jajaran Kepolisian dan TNI.


“Kita akan bersama-sama melakukan patroli wilayah untuk mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru. Dan kami akan selalu siap jika memang dibutuhkan untuk membantu pengamanan,” ujar Ali kepada Malang Post, kemarin. Menurutnya, 500 personil Banser yang dikerahkan adalam pengamanan, adalah yang sudah terlatih. Rinciannya 250 personil Balalin (Banser Lalulintas) yang bertugas membantu kelancaran kendaraan. Dan 250 personil lagi adalah Banser Densus 99, yang diperbantukan untuk mendeteksi dan mecegah tindak terorisme. “Semua personil yang kami kerahkan sudah terlatih semuanya. Baik ahli tentang perlalulintasan, atau terlatih untuk mendeteksi dan mencurigai orang-orang yang diduga melakukan tindakan terorisme. Tetapi sifatnya kami hanya mendeteksi, kalau memang ada yang dicurigai baru kami laporkan ke pihak Kepolisian,” terangnya.


Untuk pembagian titik pengamanan ? Dikatakan Ali Murtadlo, sekitar 100 personil Banser nantinya akan ikut bergabung bersama dengan jajaran Polri serta TNI untuk patroli. Sedangkan sisanya disebar di masing-masing kecamatan. “Ketika terjadi tindak huru-hara, personil Banser pun siap ikut mengamankan. Karena kami memiliki peralatan pengamanan untuk itu,” katanya. Ali menambahkan, keikutsertaan personil Banser dalam pengamanan Natal dan Tahun Baru dilakukan dengan ikhlas. Karena ikut membantu pengamanan itu sesuai dengan Nawa Prasetya Banser butir 6. Bunyinya adalah ‘Kami barisan Ansor Serbaguna, peduli terhadap nasib umat manusia tanpa memandang suku, bangsa, agama dan golongan’.(agp/aim)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar