PC GP ANSOR KABUPATEN MALANG
Islam sebagai ad-Diin(agama) diturunkan
Allah Subhanahu Wata’ala ke muka bumi dengan perantara risalah Muhammad SAW dengan kelengkapan nilai-nilai universal yang
terangkum dalam Qu’an suci. Qur’an suci berfungsi sebagai pedoman dalam
menjalankan hidup dan kehidupan bagi manusia (hudan linnaas).
Pada
tahapan selanjutnya Al-Qur’an telah diterjemah, ditafsir bahkan di ta’wil
sesuai dengan kondisi dan kemampuan intelektual
- ulama- dari masa keamasa, yang pada akhirnya penterjemahan ini
mencuatkan nilai-nilai yang berbeda antara satu dengan yang lainnya sehingga
menimbulkan perbedaan pandangan diantara aliran-aliran dan mazhab-mazhab dalam
Islam, bahkan di belahan lain mengarah pada perpecahan. Dalam catatan sejarah
satu sisi hal ini menimbulkan dilema dimana umat Islam “tidak utuh” lagi,
tetapi disisi lain hal ini menimbulkan lonjakan perkembangan pemikiran dan
kemajuan keilmuan umat Islam.
Namun
pada dasarnya, kaum muslim tetap dalam “satu Islam” apapun mazhab dan firqahnya ketika sama-sama berprinsip
tauhid Laa ilaaha illalla, tiada
sesembahan apapun kecuali Allah, dan kemudian berkeyakinan bahwa rasul-rasul
Allah yang dikirim kepada umat manusia berakhir pada diri Muhammad SAW, sebagai
penutup Nabi dan Rasul, khatam al-anbiya’
wa al mursalin) selaras dengan firman Allah dalam Q.S. Al Ahzab:40, “Bukanlah Muhammad itu Bapak dari salah
seorang diantara kalian, dia adalah Rasul Allah dan Nabi yang terakhir”.
Makna tersiratnya bahwa Risalah semua Nabi dan Rasul telah berakhir sempurna
dalam Risalah Nabi Muhammad SAW, sesuai dengan Firman Allah dalam Q.S. Al
Maidah: 3, “Hari ini AKU (Allah) telah
sempurnakan bagimu agamamu, lengkaplah untukmu nikmat-KU, dan AKU ridha bagimu Islam sebagi Agama”. Dengan demikian, gamblanglah sudah Islam
adalah agama yang terakhir dan sempurna.
Hal
ini dapat dijelaskan kenapa Islam terakhir dan sempurna? Karena ajaran Islam
tidak hanya mengatur amalan-amalan pribadi vertikal manusia dengan Tuhannya, hablum minallah, yang menempatkan
totalitas kemanusiaan kepada Tuhannya sebagai
hamba Allah (abda Allah), yang
berujung kepada kesalehan pribadi. Namun
Islam juga mengatur hubungan horizontal yang harmonis manusia dengan manusia
yang lain, sebagai wujud hablum minannas yang menghasilkan kesalehan sosial, pun juga
diatur hubungan manusia dengan alam dan lingkungannya sebagai wujud fungsi
wakil Allah dimuka bumi (khalifah fil
Ard). Totalitas kesetimbangan antara manusia sebagai hamba Allah dan
sekaligus khalifatullah inilah yang pada giliran selanjutnya melahirkan
kesalehan universal (Rahmatan
lil’alamin).
Dalam
paktek sejarahnya, kesalehan universal (rahmatan
lil ‘almi) ini telah dicontohkan
oleh para Sahabat Ansor di Madinah ketika dengan tangan terbuka dengan semangat
Tauhid dan persaudaraan menerima Nabi Muhammad SAW dan golongan Muhajirin.
Dicatat dalam sejarah sahabat Ansor tidak hanya sekedar menerima tetapi mau
berbagi harta benda bahkan kedudukan
kemasyarakatan waktu itu. Dan bahkan kemudian membangun negara dan bangsa
secara bersama-sama tanpa ada perbedaan.
1.
Tauhid sebagai Fundamen dan Spirit
Gerakan
وَإِذْ
أَخَذَ رَبُّكَ مِنْ بَنِي آَدَمَ مِنْ ظُهُورِهِمْ ذُرِّيَّتَهُمْ وَأَشْهَدَهُمْ
عَلَى أَنْفُسِهِمْ أَلَسْتُ بِرَبِّكُمْ قَالُوا بَلَى شَهِدْنَا أَنْ تَقُولُوا
يَوْمَ الْقِيَامَةِ إِنَّا كُنَّا عَنْ هَذَا غَافِلِينَ
Dan
(ingatlah), ketika Tuhanmu mengeluarkan keturunan anak-anak Adam dari sulbi
mereka dan Allah mengambil kesaksian terhadap jiwa mereka (seraya berfirman):
"Bukankah Aku ini Tuhanmu?" Mereka menjawab: "Betul (Engkau
Tuhan kami), kami menjadi saksi". (Kami lakukan yang demikian itu) agar di
hari kiamat kamu tidak mengatakan: "Sesungguhnya kami (bani Adam) adalah
orang-orang yang lengah terhadap ini (keesaan Tuhan)",
2.
Takwa sebagai Cita Gerakan
يَا
أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ
شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ
أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Sesungguhnya
orang yang paling mulia diantara kamu disisi Allah ialah orang yang paling
taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal.(al Hujurot 13)
3.
Cinta Ilmu
يُؤْتِي
الْحِكْمَةَ مَنْ يَشَاءُ وَمَنْ يُؤْتَ الْحِكْمَةَ فَقَدْ أُوتِيَ خَيْرًا
كَثِيرًا وَمَا يَذَّكَّرُ إِلَّا أُولُو الْأَلْبَابِ
Allah
menganugerahkan al hikmah (kefahaman yang dalam tentang Al Quran dan As Sunnah)
kepada siapa yang dikehendaki-Nya. Dan barangsiapa yang dianugerahi hikmah, ia
benar-benar telah dianugerahi karunia yang banyak. Dan hanya orang-orang yang
berakallah yang dapat mengambil pelajaran (dari firman Allah).(al Baqoroh 269)
يَرْفَعِ
اللَّهُ الَّذِينَ آَمَنُوا مِنْكُمْ وَالَّذِينَ أُوتُوا الْعِلْمَ دَرَجَاتٍ وَاللَّهُ
بِمَا تَعْمَلُونَ خَبِيرٌ
Niscaya
Allah akan meninggikan orang-orang yang beriman di antaramu dan orang-orang
yang diberi ilmu pengetahuan beberapa derajat. Dan Allah Maha Mengetahui apa
yang kamu kerjakan.(al
mujadilah 11)
4.
Adil , Jujurdan Amanah
إِنَّ
اللَّهَ يَأْمُرُ بِالْعَدْلِ وَالْإِحْسَانِ
Sesungguhnya
Allah menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebajikan, ( an Nahl 70)
إِنَّ
اللَّهَ يَأْمُرُكُمْ أَنْ تُؤَدُّوا الْأَمَانَاتِ إِلَى أَهْلِهَا وَإِذَا
حَكَمْتُمْ بَيْنَ النَّاسِ أَنْ تَحْكُمُوا بِالْعَدْلِ
Sesungguhnya
Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan
(menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu
menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang
sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha Mendengar lagi Maha
Melihat. ( An Nisa 58)
عَلَيْكُمْ بِالصِّدْقِ، فَإِنَّ الصِّدْقَ
يَهْدِي إِلَى الْبِرِّ، وَإِنَّ الْبِرَّ يَهْدِي إِلَى الْجَنَّةِ، وَمَا
يَزَالُ الرَّجُلُ يَصْدُقُ وَيَتَحَرَّى الصِّدْقَ حَتَّى يُكْتَبَ عِنْدَ اللهِ
صِدِّيقًا (متفق عليه)
Tetaplah
kamu jujur(benar), karena jujur itu menunjukkan kepada kebaktian, dan kebaktian
itu menunjukkan kepada surga. Seorang laki-laki senantiasa jujur dan mencari
kejujuran sampai dicatat di sisi Allah sebagai orang yang jujur. (HR. Muttafaq
alaih).
5.
Toleransi& Persaudaraan
وَمِنْهُمْ
مَنْ يُؤْمِنُ بِهِ وَمِنْهُمْ مَنْ لَا يُؤْمِنُ بِهِ وَرَبُّكَ أَعْلَمُ
بِالْمُفْسِدِينَ (40) وَإِنْ
كَذَّبُوكَ فَقُلْ لِي عَمَلِي وَلَكُمْ عَمَلُكُمْ أَنْتُمْ بَرِيئُونَ مِمَّا
أَعْمَلُ وَأَنَا بَرِيءٌ مِمَّا تَعْمَلُونَ(41)
Di
antara mereka ada orang-orang yang beriman kepada Al Quran, dan di antaranya
ada (pula) orang-orang yang tidak beriman kepadanya. Tuhanmu lebih mengetahui
tentang orang-orang yang berbuat kerusakan. -
Jika mereka mendustakan kamu, maka katakanlah: "Bagiku pekerjaanku
dan bagimu pekerjaanmu. Kamu berlepas diri terhadap apa yang aku kerjakan dan
akupun berlepas diri terhadap apa yang kamu kerjakan". (yunus 41-42)
يَا
أَيُّهَا النَّاسُ إِنَّا خَلَقْنَاكُمْ مِنْ ذَكَرٍ وَأُنْثَى وَجَعَلْنَاكُمْ
شُعُوبًا وَقَبَائِلَ لِتَعَارَفُوا إِنَّ أَكْرَمَكُمْ عِنْدَ اللَّهِ
أَتْقَاكُمْ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ خَبِيرٌ
Hai
manusia, sesungguhnya Kami menciptakan kamu dari seorang laki-laki dan seorang
perempuan dan menjadikan kamu berbangsa - bangsa dan bersuku-suku supaya kamu
saling kenal-mengenal. Sesungguhnya orang yang paling mulia diantara kamu
disisi Allah ialah orang yang paling taqwa diantara kamu. Sesungguhnya Allah
Maha Mengetahui lagi Maha Mengenal. ( al Hujurat 13)
6.
Berbuat Baik dan Mencegah
kemungkaran
ادْعُ
إِلَى سَبِيلِ رَبِّكَ بِالْحِكْمَةِ وَالْمَوْعِظَةِ الْحَسَنَةِ وَجَادِلْهُمْ
بِالَّتِي هِيَ أَحْسَنُ إِنَّ رَبَّكَ هُوَ أَعْلَمُ بِمَنْ ضَلَّ عَنْ سَبِيلِهِ
وَهُوَ أَعْلَمُ بِالْمُهْتَدِينَ
Serulah
(manusia) kepada jalan Tuhan-mu dengan hikmah dan pelajaran yang baik dan
bantahlah mereka dengan cara yang baik. Sesungguhnya Tuhanmu Dialah yang lebih
mengetahui tentang siapa yang tersesat dari jalan-Nya dan Dialah yang lebih
mengetahui orang-orang yang mendapat petunjuk. ( An nahl 125.)
7.
Kepemimpinan dan Kepeloporan.
فَبِمَا
رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ
لَانْفَضُّوا مِنْ حَوْلِكَ فَاعْفُ عَنْهُمْ وَاسْتَغْفِرْ لَهُمْ وَشَاوِرْهُمْ
فِي الْأَمْرِ فَإِذَا عَزَمْتَ فَتَوَكَّلْ عَلَى اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يُحِبُّ
الْمُتَوَكِّلِينَ
Maka
disebabkan rahmat dari Allah-lah kamu berlaku lemah lembut terhadap mereka.
Sekiranya kamu bersikap keras lagi berhati kasar, tentulah mereka menjauhkan
diri dari sekelilingmu. Karena itu ma'afkanlah mereka, mohonkanlah ampun bagi
mereka, dan bermusyawaratlah dengan mereka dalam urusan itu[246].
Kemudian apabila kamu telah membulatkan tekad, maka bertawakkallah kepada
Allah. Sesungguhnya Allah menyukai orang-orang yang bertawakkal kepada-Nya. (ali imron 159)
يَا
أَيُّهَا الَّذِينَ آَمَنُوا لَا تَتَّخِذُوا بِطَانَةً مِنْ دُونِكُمْ لَا
يَأْلُونَكُمْ خَبَالًا وَدُّوا مَا عَنِتُّمْ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاءُ مِنْ
أَفْوَاهِهِمْ وَمَا تُخْفِي صُدُورُهُمْ أَكْبَرُ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ
الْآَيَاتِ إِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُونَ (118)
Hai
orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu
orang-orang yang, di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya
(menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu.
Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati
mereka adalah lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat
(Kami), jika kamu memahaminya. (Ali imron 118)
8.
Siap berjuang dan berkorban
الَّذِينَ
قَالَ لَهُمُ النَّاسُ إِنَّ النَّاسَ قَدْ جَمَعُوا لَكُمْ فَاخْشَوْهُمْ
فَزَادَهُمْ إِيمَانًا وَقَالُوا حَسْبُنَا اللَّهُ وَنِعْمَ الْوَكِيلُ
Apakah
kamu mengira bahwa kamu akan masuk surga, padahal belum nyata bagi Allah
orang-orang yang berjihad di antaramu, dan belum nyata orang-orang yang sabar.
( ali imron 172)
9.
Persatuan dan Persaudaraan.
وَاعْتَصِمُوا
بِحَبْلِ اللَّهِ جَمِيعًا وَلَا تَفَرَّقُوا وَاذْكُرُوا نِعْمَةَ اللَّهِ عَلَيْكُمْ
إِذْ كُنْتُمْ أَعْدَاءً فَأَلَّفَ بَيْنَ قُلُوبِكُمْ فَأَصْبَحْتُمْ
بِنِعْمَتِهِ إِخْوَانًا
Dan berpeganglah kamu semuanya kepada tali
(agama) Allah, dan janganlah kamu bercerai berai, dan ingatlah akan nikmat
Allah kepadamu ketika kamu dahulu (masa Jahiliyah) bermusuh-musuhan, maka Allah
mempersatukan hatimu, lalu menjadilah kamu karena nikmat Allah, orang-orang
yang bersaudara.(ali Imron 103)
مَثَلُ
الْمُسْلِمِيْنَ فِي تَوَادِّهِمْ وَتَعَاطُفِهِمْ وَتَرَاحُمِهِمْ كَالْجَسَدِ
الْوَاحِدِ إِذَا اِشْتَكَى مِنْهُ عَضْوٌ تَدَاعَى لَهُ سَائِرُ الْجَسَدِ
بِالْحُمَى
Permisalan kaum mukminin dalam berkasih-sayang dan saling mencintai, bagaikan satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh tubuh merasa demam dan tidak bisa tidur” ( Hr. Muslim
Permisalan kaum mukminin dalam berkasih-sayang dan saling mencintai, bagaikan satu tubuh. Jika salah satu anggota tubuh sakit, maka seluruh tubuh merasa demam dan tidak bisa tidur” ( Hr. Muslim
Tidak ada komentar:
Posting Komentar