Rabu, 25 Mei 2016

DKD ANGKATAN XV: GP ANSOR KAB MALANG DIDIK KADER DENGAN MATERI DETEKSI DINI GERAKAN RADIKALISME

DKD angkatan XV
GP Ansor Kabupaten Malang dalam kelanjutan program kaderisasi terus melakukan penguatan kapasitas kader, dalam kegiatan lanjutan kaderisasi formal, gp Ansor melaksanakan Diklat Kepemimpinan Dasar (DKD) Angkatan XV di kantor MWC NU Kec. Pagelaran. PAC ansor pagelaran sebagai local comitte dalam pelaksanaan kegiatan tersebut. Kegiatan ini dilaksanakan selama dua Hari, sabtu-minggu bertepatan pada tanggal 21-22 mei 2016. 


Pada diklat Kali ini gp Ansor kabupaten Malang melakukan penguatan terhadap kader yang fokus pada tata Cara dan analisa lingkungan sekitar terkait deteksi dini terhadap gerakan radikalisme yang belakangan ini menjadi isu yang meresahkan masyarakat.

Disamping Materi deteksi dini tersebut juga diberikan beberapa Materi wajib sebagai dasar yang harus dimiliki oleh setiap kader yaitu : Materi aswaja annahdliyah, sejarah dan perjuangan NU, tradisi dan amaliyah NU, dinamika dan peran Ansor dalam pergulatan kebangsaan, ushulul Ansor, ke banser an,  nawa prasetya banser dan Materi kebangsaan. 

Sudah menjadi komitmen gp Ansor kabupaten Malang untuk terus mendidik anggota menjadi kader yang memiliki kapasitas yang mumpuni, memiliki loyalitas dan militansi terhadap organisasi." Ungkap Husnul Hakim Sy, MH. sekretaris GP Ansor kab Malang.

Jenjang pendidikan formal yang Ada di GP Ansor Ada tiga : 1. PKD (pelatihan kader dasar)/DKD (diklat Kepemimpinan dasar). 2. PKL (Pelatihan kader Lanjutan). 3. PKN (pelatihan kepemimpinan national), ketiga jenjang ini memiliki standarisasi yang berbeda sesuai dengan tingkatanya masing-masing." Lanjut nya

Disamping jenjang pengkaderan formal di atas masih Ada jenjang kaderisasi formal yang khusus untuk kader inti GP Ansor yaitu 1. DIKLATSAR BANSER. 2. SUSBALAN (KURSUS BANSER LANJUTAN). 3. SUSBANPIM (KURSUS BANSER PIMPINAN). ini dilakukan dalam rangka memberikan bekal dan keterampilan khusus bagi kader inti GP ANSOR, sehingga memiliki kecakapan yang telah distandarisasi oleh PP GP ANSOR.

GP Ansor Kabupaten Malang terus berkomitmen sebagai wadah kawah candradimuka bagi kader Ansor, dan terus mencetak kader yang militan serta memiliki loyalitas terhadap organisasi. 

"Dalam XV angkatan yang telah dilakukan dan sudah diikuti oleh 2500 kader yang sudah terlatih. Ini akan menjadi kekuatan kita dalam menjadi garda terdepan sebagai benteng ulama dan NKRI". Pungkas Mas Husnul.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar